7 Tips menulis surat lamaran kerja yang baik

Posted on

Surat Lamaran Kerja – Meski sistem pencarian kerja sudah berjalan sejak lama, tetapi tak sedikit orang yang tetap belum sadar bagaimana langkah menulis surat lamaran kerja yang baik. Banyak yang menulis surat lamaran kerja dengan berbelit-belit dan mengakibatkan staf HRD bosan.

Yang terutama dari menulis surat lamaran adalah lembar pembukaan yang dikirim sejalan dengan curriculum vitae (CV) dan juga lampiran yang diperlukan oleh perusahaan. Untuk mengakibatkan surat lamaran pekerjaan yang baik, di awalnya memperhatikan pernah lebih dari satu perihal berikut ini, seperti dilansir oleh Jobs.ac.uk.

1. Jangan menulis kembali yang tersedia di CV
Surat lamaran pekerjaan mestinya sebetulnya menyebutkan apa pencapaian kalian dan lebih dari satu perihal yang tersedia di CV. Namun usahakan jangan membuatnya serupa dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan knowledge kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.

2. Paragraf pertama dan terakhir
Perhatikan paragraf pertama dan paling akhir terhadap surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal kalian tidak berbelit-belit dan segera ke pokok bahasan. Paragraf awal kudu sadar dan berupa menjual. Sementara di paragraf paling akhir kalian kudu muncul tegas dan meminta mereka menghubungi jikalau berkenan. Jangan bikin paragraf paling akhir yang mengambang, muncul tak acuhkan atau benar-benar meminta dengan langkah yang buruk.

Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

3. Bicarakan perusahaan
Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, melakukan pernah lebih dari satu penelitian mengenai perusahaan. Pihak perusahaan dapat bahagia jikalau kalian sadar banyak perihal mengenai mereka. Namun jangan berbusa-busa ketika membicarakannya. Tetap sadar dan tunjukkan bagaimana perusahaan berikut mengakibatkan kalian terkesan dan di bidang apa kalian dapat berfungsi untuk mereka.

4. Jangan sebutkan seluruh kemampuan
Semua kapabilitas dan keterampilan yang kalian memiliki pastinya udah tersedia di CV yang kalian lampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semuanya di surat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kapabilitas dan juga pengalaman yang kalian anggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang kalian lamar.

5. Tunjukkan kepribadian
Pastikan surat lamaran kerja yang kalian tulis dapat mencerminkan betapa antusiasnya kalian untuk mendapat pekerjaan tersebut. Jangan mengfungsikan kata-kata negatif dan mengfungsikan kata-kata kerja aktif yang dinamis.

6. Tanda tangani surat lamaran kerja
Kecuali kalian mengfungsikan lembar lamaran kerja spesifik dari perusahaan atau secara online, pastikan kalian diberi tanda tangan surat lamaran kerja yang kalian kirimkan. Ini barangkali terdengar kuno, tetapi ini tunjukkan keaslian diri kalian lewat tanda tangan.

7. Presentasi surat
Meski isinya benar-benar menarik, tetapi jikalau surat lamaran kerja kalian jelek, kotor, penuh dengan typo dan tidak benar ketik, maka nilai lamaran kalian dapat berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang. Minta rekan atau keluarga untuk membacanya dan melacak sadar kesalahannya sebelum dikirim.

Itulah lebih dari satu tips yang dapat kalian melakukan untuk mengakibatkan surat lamaran kerja yang baik dan dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Jika kalian mengidamkan mengirim surat lamaran kerja, dapat lebih baik jikalau mengirimnya di hari Senin, seperti hasil penelitian di sini. Selamat mencoba!