Cara Memilih Generator (Genset) yang Sesuai dengan Kebutuhan

Posted on

Semakin hari, semakin banyak genset yang dirilis di pasaran. Variasi genset yang banyak akan membuat Anda kebingungan dalam memilih mana genset yang tepat. Genset untuk digunakan di rumah tentu berbeda dengan genset yang digunakan di kantor, apalagi dengan genset yang digunakan di pabrik. Melakukan pembelian yang tepat dengan mengetahui informasi-informasi penting pada genset sangat diperlukan.

4 Tips dalam Membeli Genset Secara Efektif

Beberapa informasi yang bisa Anda riset adalah kapasitas power, jenis, ukuran, merek, fitur-fitur, dan tentunya harga. Melakukan riset di internet mengenai produk berkualitas dengan review atau ulasan yang baik pun sangat dianjurkan. Namun informasi-informasi dasar tersebut tidak cukup. Dibutuhkan langkah-langkah atau tips yang akan membuat Anda melakukan pembelian genset dengan efektif.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan (genset), Anda dapat menggunakan cara-cara berikut ini.

  1. Menghitung Daya

Hitunglah daya yang Anda butuhkan. Lakukan pemilihan alat elektronik mana saja yang harus tetap beroperasi ketika listrik mati. Lampu merupakan alat elektronik yang harus tetap hidup. Selain itu alat komunikasi baik smartphone atau laptop merupakan pilihan lain. Semakin besar alat elektronik yang Anda hitung maka semakin besar daya genset yang dibutuhkan. Perlu diingat bahwa genset merupakan sumber energi cadangan.

Dengan demikian, Anda tidak menghitung seluruh daya rumah atau kantor melainkan daya pada alat elektronik tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang tepat, lebihkan jumlah daya yang dibutuhkan (sekitar 10%). Anda dapat menghitung daya menggunakan satuan watt, kW, atau kVA. Tiap genset pasti menyediakan informasi mengenai jumlah daya yang disediakan, berdasarkan satuan-satuan tersebut.

  1. Pemasangan, Perawatan, dan Perbaikan

Tentu, Anda tidak akan memasang genset sendiri, terlebih jika genset yang digunakan adalah genset non-portable. Anda membutuhkan toko yang jual genset murah di surabaya atau genset lainnya yang menyediakan jasa pemasangan. Selain pemasangan, tersedia juga jasa perbaikan dan perawatan. Tersedianya jasa tersebut akan mempermudah Anda mengelola genset yang Anda miliki baik sebagai aset pribadi maupun aset perusahaan.

  1. Jenis dan Tipe Genset

Pengelompokan jenis dan tipe genset itu semakin hari semakin beragam. Tipe dan jenis genset dapat dilihat dari mesin atau bahan bahak yang digunakan, contohnya genset diesel, gas, dan bensin. Dilihat dari bentuk dan kegunaannya, gensel terbagi ke dalam banyak jenis, diantaranya inverter, standby, dan portable. Belum lagi jika digolongkan berdasarkan fitur-fitur yang ditawarkan, seperti genset jenis silent dan open.

Untuk mempermudah pencarian, genset tip standby dapat Anda gunakan karena kapasitas energinya dapat dikatakan lumayan besar. Sedangkan untuk yang bertipe ekonomis dan mobile, Anda dapat menggunakan genset portable. Genset portable cocok untuk ditempatkan dimana saja. Selain itu, pastikan genset yang Anda gunakan untuk di ruangan tidak berbunyi nyaring dan mengeluarkan asap atau hasil pembakaran yang berbahaya.

  1. Servis, Support, dan Spare Part

Ketika Anda mencari toko jual mesin genset diesel yanmar jangan hanya menanyakan mengenai kualitas dan informasi terkait produk tersebut. Begitupun dengan merek lain. Tanyakan juga apakah produk tersebut sudah disupport secara lokal. Artinya produk tersebut ada kantor perwakilannya yang memberikan servis resmi dan dukungan langsung. Hal tersebut penting adanya terutama terkait kerusakan dan garansi.

Jika Anda tidak beruntung dan mengalami kerusakan yang kemungkinan diakibatkan oleh produk manufaktur maka Anda dapat menuntut klaim garansi dan hal lainnya. Selain itu, ketersediaan spare part juga harus Anda perhatikan. Tidak ada yang menjamin Anda akan membutuhkan spare part resmi agar genset Anda berfungsi normal setelah mengalami kerusakan. Itulah pentingnya ketersediaan servis dan support dari perusahaan resmi.