Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan Medianya.

Posted on

 

 

  1. Iklan cetak

Iklan cetak ialah iklan koran atau media cetak yang diciptakan dan dipasang memakai teknik cetak. Teknik ini bisa berupa letterpess, photolitography, sablon, inkjet, laser dan beda sebagainya.

 

Wujudnya iklan cetak ini antara beda koran, majalah, baliho, poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan luas space atau ukuran koran, majalah dan tabloid mempunyai 3 wujud iklan, yakni :

Iklan baris seringkali tidak lebih dari 3-4 baris, hingga luas tidak melebihi dari sekolom.

Iklan kolom mempunyai luas satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.

Iklan display mempunyai ukuran lebih lebih luas bila dikomparasikan iklan kolom.

 

  1. Iklan elektronik.

 

Iklan elektronik, ialah iklan yang memakai media berbasis elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik bisa berupa :

 

Iklan radio

klan radio memiliki ciri khas yang hanya dapat didengar melewati audio (suara). Suara itu dapat berupa suara insan yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur memakai ritme dan harmonis, sound effect serta suara-suara yang tidak beraturan atau efek suara alam.

 

Ada 3 jenis iklan radio, yakni :

Ad lib : dikatakan oleh penyiarnya secara langsung yang melulu berupa siaran suara. Biasanya durasi tidak lebih dari 60 detik.

Spot : dikatakan dengan kiat rekaman sebelumnya, sehingga memerlukan naskah terlebih dahulu. Durasi masa-masa anata 15-60 detik.

Sponsor program : pemberian masa-masa khusus untuk sponsor untuk mengucapkan pesan dengan teknik membiayai sebuah program acara radio.