Pengertian Paper Bag Dan Fungsinya i

Posted on

Berikut pengertian Paper Bag dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Paper Bag merupakan salah satu jenis tas kekinian yang sedang booming. Bukan jenis tas fashion, melainkan tas serba guna pengganti dari kantong plastik. Modelnya banyak disertai warna yang bervariasi. Bahkan semakin menarik dari waktu ke waktu, sebagai bukti dari adanya perkembangan kreativitas produsen.

Secara umum fungsi Paper Bag ini sama dengan fungsi kantong plastik.
Paper Bag adalah tas sederhana yang berbahan dasar kertas. Kertas yang digunakan bisa berupa kertas tebal, yakni kertas hard cover, kertas manila, kertas pelangi, kertas kalender, kertas karton dan jenis kertas yang lainnya. Yang penting syaratnya adalah kertas yang tebal dan tidak gampang sobek. Untuk itulah fungsi Paper Bag banyak digandrungi. Lebuh simple dan modern saat dibawa daripada menggunakan kantong plastik.

Kemunculan dari Paper Bag ini jelas memberikan fungsi kepraktisan yang tidak bisa dielakkan lagi. Kita menjadi lebih mudah membawa barang bawaan, tanpa takut rusak atau takut jebol. Lebih kuat dan banyak juga ukurannya.

Untuk Paper Bag yang berbentuk kecil biasa dipakai untuk tempat barang-barang yang kecil, yakni paket kosmetik, aksesoris, makanan kecil, dan atau untuk tempat souvenir acara-acara pernikahan. Sedangkan untuk Paper Bag yang berukuran besar dipakai untuk membawa buku, kertas, kain, makanan dan lain-lain. Pastinya berat barang yang dibawa tidak besar. Selain itu Paper Bag juga sering digunakan untuk membawa makanan. Lebih praktis dan terhindar dari bahaya bahan yang terkandung dari kantong plastik yang selama ini kita gunakan.

Beragam Fungsi dan kelebihan Paper Bag Dari Tas Plastik
Kemunculan Paper Bag ini yang utama adalah untuk menekan jumlah sampah kantong plastik. Bisa dikatakan ini adalah sebagai fungsi Paper Bag yang paling utama. Di mana seperti kita ketahui bahwa selama ini kita terlalu mendewakan penggunaan kantong plastik, baik untuk menaruh benda berupa barang-barang fashion, makanan, minuman atau yang lainnya.
Kantong plastik juga gampang sobek sehingga pemakaiannya hanya sekali saja lalu dibuang. Jadilah sampah plastik yang semakin menumpuk. Menimbulkan polusi lingkungan, karena sampah plastik tidak mudah diuraikan. Perlu waktu 300 tahun untuk menguraikannya itu pun belum terurai sempurna. Untuk lebih detailnya, berikut adalah fungsi Paper Bag yang akan kita dapatkan :

Tas Souvenir
Entah pada acara pernikahan, seminar, atau juga saat mendapatkan souvenir dari jenguk bayi yang baru lahir (jagong bayi).

Bungkus Makanan
Beberapa pedagang yang menggunakannya adalah pedagang roti, rujak, gorengan dan sebagainya.

Tempat Paling Praktis Untuk Membawa Bekal
Tidak perlu menenteng kantong plastik lagi yang warnanya hanya itu-itu saja. Lebih menarik membawa bekal dengan tas kertas.

Sebagai Ajang Promosi Usaha
Saat ini Anda bisa promosi dengan menempelkan brand pada badan Paper Bag. Saat ini tas kertas ini sudah jadi media promosi terbaik yang bisa di desain sesuai dengan apa yang ingin di promosikan. Dengan beberapa fungsi tersebut banyak kelebihan yang juga akan kita dapatkan, diantaranya adalah :

1. Lebih modis di bawah daripada menggunakan kantong plastik atau kresek.
2. Banyak variasi warnanya
3. Banyak variasi gambarnya
4. Mudah untuk di desain
5. Awet, karena tidak hanya sekali dua kali dipakai, bisa berkali-kali
6. Bisa membuatnya sendiri di rumah
7. Harganya murah, tidak jauh berbeda dengan tas kresek
8. Banyak pilihan bentuk dan ukurannya
9. Ramah lingkungan, karena bahan kertas bisa cepat terurai

Melihat fungsi Paper Bag dan manfaatnya banyak orang yang kini kepincut dengan beralih ke Paper Bag dari pada kantong plastik. Bukan hanya mendapatkan manfaatnya saja, melainkan juga mendapatkan sisi praktis dan modisnya. Sekian informasi mengenai pengertian Paper Bag dan fungsinya.