Tips Hindari Kebakaran Akibat Pemakaian Mesin Genset

Posted on

Tips Hindari Kebakaran Akibat Pemakaian Mesin Genset

Jual Genset – Beberapa waktu belakangan ini, ada beberapa laporan berita mengenai kebakaran yang terjadi karena hubungan arus pendek mesin genset. Meskipun tidak seluruh kebakaran memiliki korban jiwa, namun tetap saja kebakaran yang terjadi membuat kerugian yang sangat besar terutama bagi pemilik bangunan yang terbakar.

Mesin genset, mau yang dioperasikan sebagai sumber listrik cadangan maupun sumber listrik utama, pada hakikatnya memang akan menghasilkan panas yang sangat tinggi tidak terkecuali asap hasil pembakaran yang kita kenal sebagai gas karbon monoksida. Selain menimbulkan gangguan suara, mesin genset pun bisa menaikkan suhu di ruangan sekitar mesin genset sehingga bila tempat tersebut memiliki bahan yang mudah terbakar tidak menutup kemungkinan untuk memicu terjadinya kebakaran hebat.

Panas yang tinggi dari proses pembakaran, termasuk asap dari engine genset seharusnya dibuang ke luar ruangan, sebuah ruangan genset yang baik hendaknya memerhatikan dengan baik aliran udara keluar dan aliran udara masuk dengan memasang ventilasi udara yang cukup baik jadi udara panas dari ruangan genset bisa digantikan dengan udara yang jauh lebih segar, sehingga suhu udara pun tidak sepanas sebelumnya.

Terdapat 2 sumber udara panas yang dihasilkan mesin genset, yakni udara panas yang berasal dari radiator dan udara panas yang berada di sekitar engine. Agar bisa mengalirkan udara panas yang berasal dari radiator, pemilik mesin harus memakai saluran udara yang telah dihubungkan dengan udara luar, ada pun desain saluran udara yang terbaik mempunyai ukuran sekitar 1.25 kali jauh lebih besar dari pada bagian depan radiator core yang sudah dilengkapi pula dengan blower untuk membantu menghisap udara panasnya.

Akan tetapi, udara panas yang ada di sekitar mesin genset yang diperoleh dari engine semestinya mendapatkan perhatian pula, itu sebabnyak, ruangan dari mesin genset harus memiliki ventilasi udara yang baik dan mencukupi untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Ada orang yang berpendapat jika udara panas dari radiator dapat dialirkan dengan baik, cukup dengan cara menjaga temperature dari ruangan mesin genset. Meskipun hal ini benar adanya, akan tetapi kita harus tetap ingat jika mesin genset yang dinyalakan dalam waktu lama akan membuat akumulasi udara yang sangat panas sehingga tidak akan cukup hanya dengan mengandalakan putaran fan yang berasal dari radiator plus dan daya hisap blower saja.