Tips Memilih Rental Lighting Panggung yang Profesional

Posted on

Tips Memilih Rental Lighting Panggung yang Profesional

Sewa Lighting Panggung Jakarta – Waktu dan kinerja terbaik dianggap sebagai dua factor kunci keberhasilan dari panggung pertunjukan. Padahal ada satu lagi factor yang bisa memberikan pengaruh sangat besar yang tidak lain adalah lighting panggung. Ada banyak sekali peraturan yang mesti diikuti untuk dapat membuat lighting panggung tampak sangat sempurna sebagaimana yang diharapkan.

Visibilitas harus menjadi factor utama yang bisa mensukseskan sebuah pertunjukan, maka dari itu dibutuhkan team designer yang profesional yang mampu bekerja secara profesional sehingga mampu memastikan jika kebutuhan akan penerangan cahaya panggung cukup sehingga para penonton bisa menangkap dengan sangat jelas tiap moment yang tampak di atas panggung besar. Seorang designer panggung harus mengikuti tiap instruksi dari sutradara sehingga tiap orang yang berada di atas panggung terlihat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, termasuk ketika ia bergerak atau diam saja di atas panggung.

Susana di atas panggung memang diliputi oleh cahaya panggung yang sangat terang dengan ciri khas warna yang beraneka ragam. Sebagai gambaran, umumnya suasana gelap membantu meningkatkan feeling dingin sehingga penonton akan mudah tersentuh sedangakn untuk suasana yang lebih semarak akan digunakan warna cahaya warna-warni, seperti warna biru, merah dan hijau.

Seorang operator yang tergabung dari team designer lighting panggung sudah sepatutnya mampu menguasai suasana dengan baik, jadi tidak sembarangan orang yang dipekerjakan sebagai operator panggung, setidaknya harus memiliki pengalaman cukup lama di bidang ini, mengingat sulit sekali merancang cahaya untuk dapat menjadi sausana hati dari sejumlah perubahan warna cahaya tanpa perlu disadari para penontonnya.

Fokus dari lighting panggung memainkan peranan yagn sangat penting dalam menarik minat para penonton. Bila ada begitu banyak pemain yang ada di atas panggung, maka operator harus memberikan warna khusus maupun lampu sorot yang bisa menarik perhatian dan mata para penoton. Perubahan dari arah cahaya panggung hanya bisa dibuat untuk kondisi tersebut, dengan cara ini, para penonton bisa mengikuti perubahan suasana dengan baik tanpa mereka menyadari sedang dibimbing oleh operator lighting panggung untuk melakukannya.